Minggu, 3 Maret 2024

Catat! Lima Olahraga Ini Ternyata Bisa Menambah Berat Badan

Supriyadi
Sabtu, 8 Juli 2023 22:50:16
Ilustrasi push up. (Pixabay)
Murianews, Kudus – Bagi Anda yang gemar olahraga, tentu mendambakan tubuh atletis dengan berat badan ideal. Tak ayal, banyak orang yang rajin berolahraga untuk menjaga berat badan supaya konstan dan tak bertambah. Lantas bagaimana dengan orang yang cungkring atau butuh tambahan berat badan? Bagi Kamu yang sedang berada di kondisi tersebut tak usah khawatir. Dari sekian banyak jenis olahraga, ternyata ada yang bisa menambah berat badan. Melansir dari laman Halodok, penambahan berat badan ini terjadi lantaran adanya penambahan massa otot yang otomatis akan mempengaruhi berat badan. Akan tetapi, olahraga ini harus dilakukan secara rutin tanpa mengesampingkan pola makan. Olahraga apa saja itu?
  1. Push-Up
Push up merupakan olahraga yang membantu membangun otot di lengan dan bahu. Dengan penambahan ini sebagian orang akan mengalami penambahan yang signifikan. Hanya saja, untuk mendapatkan berat badan yang ideal, selain memperhatikan pola makan, juga wajib dilakukan dengan cara yang benar. Pertama, Anda harus berbaring telungkup. Kemudian Letakkan tangan pada alas. Pastikan telapak tangan rata dengan tangan terentang di samping selebar bahu. Perlahan dorong tubuh ke atas sampai lengan terentang sepenuhnya. Jaga punggung dan kaki  lurus sehingga tubuh membentuk garis lurus. Perlahan-lahan turunkan tubuh kembali hingga hidung hampir menyentuh lantai. Ulangi semampu kamu.
  1. Pull-Up
Latihan ini adalah cara sederhana untuk membangun otot lengan dan bahu. Berikut cara melakukanya: Pegang pull-up bar dengan kedua tangan. Pisahkan kedua lengan selebar bahu. Tarik tubuh sehingga kaki tidak menyentuh dasar lantai dan pastikan lengan tetap lurus. Tarik tubuh hingga dagu berada di atas palang pull-up bar. Turunkan tubuh secara perlahan agar lengan lurus kembali. Ulangi sebanyak yang kamu inginkan.
  1. Jongkok
Latihan ini membantu membangun otot di pantat dan kaki, terutama otot paha depan. Berikut langkah-langkahnya: Berdiri tegak dan buat jarak kaki selebar pinggul. Letakkan tangan di pinggul dan kendurkan otot perut. Mulailah menurunkantubuh  hanya dengan menggunakan kaki, seolah-olah kamu akan duduk dan masuk ke posisi duduk sampai paha  sejajar dengan lantai. Angkat tubuh kembali ke posisi semula. Ulangi semampu kamu
  1. Lunges
Kamu dapat melakukan latihan ini di mana saja. Latihan ini bagus untuk membesarkan dan mengencangkan otot kaki dan pantat. Caranya, yaitu: Berdiri tegak, regangkan otot perut. Kemudian rentangkan satu kaki seperti sedang melangkah, lalu condongkan tubuh ke depan seperti sedang berlutut hingga lutut membentuk sudut 90 derajat. Dorong kembali tumit untuk mengangkat diri tubuh kembali ke posisi awal. Ulangi sebanyak yang kamu rasa nyaman dengan satu kaki. Ulangi untuk kaki lainnya.
  1. Bench press
Kamu memerlukan flat bench untuk berbaring dan barbel bar. Namun, jangan pilih barbel yang terlalu berat. Bench press membantu membentuk otot bahu, trisep, dan dada. Ini adalah latihan yang bagus untuk menambah berat badan. Semakin banyak beban yang bisa kamu angkat, semakin banyak otot yang dapat kamu  bangun. Berikut langkah-langkahnya: Berbaring telentang pada flat bench. Jika bench memiliki rak untuk menaruh barbel bar, hadapkan tubuh ke bagian tersebut. Jika tidak ada, pegang barbel dengan hati-hati dan perlahan berbaring ke belakang di bangku sampai kamu merasa nyaman. Pegang barbel bar dengan kedua tangan, termasuk ibu jari. Jangan ragu untuk merentangkan jari  sedikit. Turunkan lengan perlahan sampai barbel mendekat ke dada. Perlahan luruskan lengan. Ulangi empat sampai lima kali sesuai kemampuan.  

Baca Juga

Komentar